PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTsN TANJUNG PURA MATERI KUBUS DAN BALOK T.A 2013/2014

Hadijah, Siti and Surya, Edy (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTsN TANJUNG PURA MATERI KUBUS DAN BALOK T.A 2013/2014. Jurnal AdMathEdu, 06 (01). pp. 67-75. ISSN 2088-687X

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi seluruh siswa kelas VIII (256 orang), sedangkan sampel kelas VIII-3 (39 orang) dan kelas VIII-4 (40 orang). Rata-rata nilai pos-tes dikelas eksperimen adalah 69,0833, dan rata-rata dikelas kontrol adalah 81,367521.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakn uji t satu pihak diperoleh t hitung = 5,8109 dan t tabel = 1,6672 dengan α = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, 5,8109>1,6672 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Article
Keywords: Trade a problem; Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Apr 2018 11:18
Last Modified: 24 Apr 2018 11:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item
View Item