PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 066045 MEDAN HELVETIA

NADRAH LUBIS, ANGGIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 066045 MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8156181002 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8156181002 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8156181002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8156181002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8156181002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8156181002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8156181002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8156181002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156181002 BAB I.pdf - Published Version

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM.8156181002 BAB V.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156181002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan perbedaan pengaruh model pembelajaran dalam membentuk keterampilan berpikir kreatif; (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan perbedaan pengaruh tingkat aktivitas belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedan pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif; (2)Perbedan Pengaruh tingkat aktivitas belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa; (3) Interaksi antara model pembelajaran direct instruction dan discovery learning dengan tingkat aktivitas belajar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain faktorial 2 x 2.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066045 Medan Helvetia,dan sampel dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model discovery learning berbasis kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction.Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes keterampilan berpikir kreatif dan angket aktivitas belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berpikir kreatif yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis kolaboratif berbeda dan menunjukkan hasil rerata gain ternormalisasi berpikir kreatif yang lebih tinggi daripada model Direct Instruction; (2) Aktivitas Belajar tinggi mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa lebih baik dibanding aktivitas belajar rendah; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning berbasis kolaboratif dan model Direct Instruction dengan aktivitas belajar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi19660126 199103 2 003
Thesis advisorSunarno, Agung19660115 199203 1 003
Keywords: KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, AKTIVITAS CBELAJAR, DISCOVERY LEARNING, PEMBELAJARAN IPA, KOLABORATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item