PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PENGAJARAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

SIHOTANG, LAMTIUR DERMAWAN (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PENGAJARAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136142014 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136142014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136142014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 8136142014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136142014 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136142014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136142014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136142014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar struktur atom dan sistem periodik unsur yang memenuhi standar kelayakan merujuk BSNP.Bahan ajar terstandar dan inovatif dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa karena mahasiswa termotivasi untuk menggunakan bahan ajar. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen kimia Universitas Negeri Medan yang dipilih secara purposive sampling. Dosen yang dipilih sesuai dengan kriteria pendidikan minimal S2, memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun, dan sedang aktif mengajar sebanyak 2 orang, (2) Mahasiswa jurusan kimia program studi pendidikan kimia tingkat dua sebanyak 20 orang. Instrumen pengumpulan data digunakan lembar standarisasi BNSP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahap pertama analisis, setelah diperoleh hasil analisis terhadap bahan ajar dilanjutkan dengan tahap kedua pengembangan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar inovatif dan interaktif dilanjutkan dengan tahap ketiga standarisasi, dilakukan dengan validasi bahan ajar yang telah dikembangkan dan tahap keempat revisi yang dilakukan berdasarkan hasil validasi bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka diperoleh rata-rata pendapat dari 22 responden yang terdiri dari 2 orang dosen kimia pengampu mata kuliah umum dan 20 orang mahasiswa jurusan kimia terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan sebesar 3,31 yang tergolong dalam kriteria sangat valid artinya bahan ajar hasil pengembangan sangat layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Penjabaran dari keseluruhan rata-rata responden terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah rata-rata hasil penilaian dosen pengampu Kimia Umum yaitu sebesar 3,36 dan rata-rata hasil penilaian mahasiswa pendidikan Kimia yaitu sebesar 3,26. Berdasarkan hasil analisa ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan telah layak digunakan berdasarkan uji kelayakan BSNP dengan tanggapan dan penilaian oleh beberapa pihak yaitu tim validator ahli, dosen pengampu mata kuliah kimia umum dan mahasiswa jurusan kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSITUMORANG, MANIHAR196008041986011001
Thesis advisorHUTABARAT, WESLY195107201977101001
Keywords: BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF; STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK; BADAN STANDARISASI NASIONAL PENDIDIKAN; PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30114

Actions (login required)

View Item View Item