PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

Priyanda, Roni (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172034 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156172034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156172034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172034 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172034 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156172034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156172034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156172034 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran langsung, (2) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal, (3) Mengetahui bagaimana proses jawaban siswa terkait kemampuan komunikasi matematis siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual sedangkan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, 3) tahap pelaksanaan eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 278 siswa dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) Proses jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual lebih lengkap dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Mukhtar195908071983031033
UNSPECIFIED, Mulyono197112311999031010
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Awal Matematika dan Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30113

Actions (login required)

View Item View Item