PELAKSANAAN PROGRAM IKATAN GURU INDONESIA (IGI) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI ACEH TIMUR

Fauzan, (2017) PELAKSANAAN PROGRAM IKATAN GURU INDONESIA (IGI) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156132067 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156132067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156132067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156132067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156132067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156132067 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156132067 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156132067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156132067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156132067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156132067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Ikatan Guru Indonesia (IGI) dalam pengembangan kemampuan guru membuat media pembelajaran di Aceh Timur, melalui (1) mendeskripsikan keberhasilan pelaksanaan program IGI dalam pengembangan kemampuan guru membuat media pembelajaran berbasis TIK di Aceh Timur, (2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan program-program IGI dalam pengembangan kemampuan guru membuat media pembelajaran berbasis TIK di Aceh Timur, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala guru SMA/SMK menerapkan media pembelajaran berbasis TIK di Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden terdiri dari kepala SMA dan SMK Negeri di Aceh Timur, guru-guru SMA dan SMK Negeri di Aceh Timur dan pengurus IGI Aceh Timur. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program IGI dalam pelatihan membuat media pembelajaran bagi guru SMA/SMK dia Aceh Timur sudah berjalan secara efektif sesuai dengan aspek-aspek program yang digunakan, yaitu pemahaman program, ketepatan sasaran program, ketepatan waktu program, ketercapaian tujuan program dan perubahan nyata sebelum dan sesudah mengikuti program. Kendala-kendala IGI dalam pelaksaaan program yaitu (1) guru-guru banyak tersebar diwilayah-wilayah yang sangat jauh, sehingga sulit untuk pendampingan berkelanjutan, (2) IGI tidak memiliki anggaran khusus untuk melaksanakan program guru, (3) sponsor lokal susah didapatkan , dan (4) guru-guru masih berorientasi pelatihan dapat uang dan sertifikat. Sedangkan kendala-kendala guru dalam menerapkan media pembelajaran disekolah antara lain (1 ) masih kurang fasilitas/sarana sekolah seperti proyektor/infokus dan komputer, (2) sebagian jaringan instalasi listrik (arus listrik) diruangan kelas belum terpasang, (3) jaringan WiFi (internet) sekolah yang belum memadai , (4) masih banyak sekolah yang belum memiliki ruang multimedia, dan (5) masih seringnya listrik mati pada jam-jam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiburian, Paningkat19530402199702001
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 370.6 Fau p
Keywords: TIK, Media Pembelajaran, Pelaksanaan Program, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item