PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA JERMAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA NEGERI KOTA BINJAI

Ariiani, Dahlia (2017) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA JERMAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA NEGERI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156132062 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156132062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156132062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156132062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156132062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156132062 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156132062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156132062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156132062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156132062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156132062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru Bahasa Jerman dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 melalui supervisi akademik teknik workshop di SMA Negeri Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Jerman di SMA Negeri kota Binjai, sebanyak 5 orang. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari "panduan wawancara, daftar kecocokan, dan lembar observasi". Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan menggunakan supervisi akademik teknik workshop pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan Nilai 74,1 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 88.. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun RPP akan meningkat apabila supervisor memberikan supervisi yang baik dengan menggunakan supervisi akademik teknik workshop.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Thesis advisorMotondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 371.12 Sya p
Keywords: Kompetensi guru, kurikulum, supervisi akademik, teknik workshop, RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Apr 2018 09:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29962

Actions (login required)

View Item View Item