PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN PENGENDALIAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU (STUDI EMPIRIS DI SUB RAYON SMPN 41 MEDAN)

Lumban Gaol, Masdiana (2010) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN PENGENDALIAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU (STUDI EMPIRIS DI SUB RAYON SMPN 41 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188130103 Abstrak.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130103 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130103 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130103 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130103 Bab V.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130103 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjawab permasalahan dari lima hipotesis yang diajukan, yakni pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, terhadap pengendalian stres, terhadap komitmen guru, pengaruh langsung motivasi kerja terhadap komitmen guru, dan pengendalian stres terhadap komitmen guru di sub rayon SMPN 41 Medan.Data dari 53 orang responden sampel dari 118 orang populasi. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan analisis uji coba pembobotan, validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis mencakup uji normalitas, homogenitas, linearitas dan keberartian regresi kemudian dilakukan analisis data dengan model path analysis.Hasil analisis menunjukkan pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja adalah sebesar 73,96%, terhadap pengendalian stres 58,83%, motivasi kerja terhadap komitmen guru 17,81%, dan pengendalian stres terhadap komitmen guru sebesar 24,09%. Pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen guru lemah dan tidak signifikan namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap komitmen guru melalui motivasi kerja sebesar 36,30% dan melalui pengendalian stres 37,58%.Semakin tinggi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan pengendalian stres maka semakin tinggi pula komitmen guru di sub rayon SMPN 41 Medan, maka untuk mengoptimalkan komitmen guru perlu peningkatan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan pengendalian stres.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManullang, Belferik194710151979121001
Thesis advisorMilfayetty, Sri196212121986012001
Call Number: 371.068 3 Lum p
Keywords: Sekolah; Komitmen; Kepala sekolah; Pengendalian stres; Kepemimpinan; Guru
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item