PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MAKANAN NUSANTARA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Hilda, Nuwairy (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MAKANAN NUSANTARA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500065020415 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500065020415 abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020415 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500065020415 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500065020415 bab I.pdf]
Preview
Text
1500065020415 bab I.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020415 bab V.pdf]
Preview
Text
1500065020415 bab V.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah basil belajar Makanan Nusantara mahasiswa yang diajar dengan media Gambar lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan media OHT pada Makanan Nusantara, untuk mengetahui apakah mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi akan memperoleh hasil belajar Makanan Nusantara lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah, untuk mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan media dengan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar Makanan Nusantara di Program Studi Tata Boga UNIMED.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester (tiga)yang sedang mengikuti mata kuliah Makanan Nusantara di Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan berjumfah 54 orang. Metode penelitian yang digunakan dengan adalah quasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA) Kreativitas mahasiswa diukur dengan menggunakan Tes Figural Verbal. Sedangkan tes hash belajar Makanan Nusantara menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 46 seal.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar Makanan Nusantara mahasiswa yang diajar dengan media Gambar lebih tinggi dari mahasiswa yang diajar dengan media OHT. Hasil belajar Makanan Nusantara mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah. Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran (OHT dan Gambar) dengan kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap basil belajar Makanan Nusantara.Temuan lain menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kanan Nusantara media pembelajaran OHT lebih baik bagi mahasiswa yang emiliki kreativitas tinggi sedangkan penggunaan media pembelajaran Gambar lebih baik bagi mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Hil p
Keywords: Makanan Nusantara; Hasil Belajar;
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 28 Apr 2016 18:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item
View Item