PERBEDAAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN PROBING PROMPTING KELAS IV SD SWASTA HARVARD MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2017/2018

AFRISAL, MUHAMMAD (2018) PERBEDAAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN PROBING PROMPTING KELAS IV SD SWASTA HARVARD MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111040_COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111040_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111040_BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111040_BAB V.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah membedakan minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode demonstrasi dan probing prompting dikelas IV SD Swasta Harvard Medan Labuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat belajar Bahasa Indoensia menggunakan metode demonstrasi dan probing prompting dikelas IV SD Swasta Harvard Medan Labuhan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan teknik yang digunakan adalah Nonequifalent Control Group Design. Pengambilan Sampel dengan teknik non probability sampling adapun penentuan kelas kontrol dan eksperimen dipilih secara acak (random). Maka sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB yang berjumlah 64 siswa yang menjadi kelas kontrol berjumlah 39 siswa dan dikelas eksperimen terdapat 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah instrumen angket/kuisioner. Suatu Penelitian bersifat normal apabila telah diuji normalitasnya dengan ketentuan hasil L0 < Ltabel. Pada kelas kontrol penelitian ini bersifat normal karena nilai L0 Pada kelas kontrol adalah 0,10 dan nilai Ltabel nya adalah 0,89, dan untuk kelas eksperimen nilai L0= 0,14 dan Ltabel = 0,17, sehingga pada kelas kontrol dan eksperimen nilai L0 < Ltabel. Hasil penelitian mmenunjukkan bahwa minat belajar yang menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Swasta Harvard Medan Labuhan dengan skor rata – rata 68,02, sedangkan minat belajar yang menggunakan metode probing prompting dikelas IV SD Swasta Harvard Medan Labuhan adalah 68,16. Pada pengujian angket diperoleh data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dilihat dari rata – rata nilai angket maka analisis data menggunakan uji – t pada taraf signifikan ɑ= 0,05. Hasil uji – t dari hasil yang didapat adalah thitung < ttabel yaitu 1,16 <1,67, maka Ha ditolak dan H0 diterima yaitu tidak ada perbedaan minat belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan probing prompting di kelas IV SD Swasta Harvard Medan Labuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Nasrun19570514198403001
Call Number: SK-2018 PGSD 057
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2018 11:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item