PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU(STUDY EMPIRIK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BINJAI UTARA)

Sinaga, Umar (2010) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU(STUDY EMPIRIK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BINJAI UTARA). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188130034 Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130034 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130034 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130034 Bab I.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130034 Bab V.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolali, (2) Komunikasi Interpersonal, (3) Motivasi Kerja terhadap (4) Kepuasan Kerja Guru. Dengan mengetahui pengaruh antara variabel-variabel tersebut diharapkan kepala sekolah dapat membuat langkah-langlcah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dalam memperdayakan segala kemampuan, pengetahuan dan keterampilan para guru, dan bersama para guru dapat membina komunikasi secara intensif sehingga para dapat melaksanakan tugasnya dengan motivasi yang tinggi sehingga pada akhirnya mereka merasakan kepuasan kerja.Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Binjai Utara. Populasi penelitian adalah guru-guru sejtunlah 460 orang, dan dari antara mereka yang menjadi sampel adalah sebanyak 82 orang yang dipilih secara random.Data variabel penehtian ini adalah data kuantitatif untuk mengukur pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1), Komunikasi Interpersonal (X2), Motivasi Kerja (X3), dan Kepuasan Kerja (X4). Untuk memperoleh data tersebut digunakan kuesioner.Metode pengujian yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan analisis regresi linier dengan memanfaatkan cara manual, Program SPSS versi 14 dan LISREL versi 8.3 untuk memperoleh hasil yang valid. Dengan menggunakan metode-metode tersebut diperoleh hasil sebagai berikut:(a) Persamaan Struktur 1 adalah X3 = .3580 X1 + .3197 X2 + εl(b) Persamaan Struktur 2 adalah X4 = .30338 X1 + .26981 X2 + ε2(c) Persamaan Struktur 1 menggambarkan bahwa koefisien jalur X1 terhadap X3 (ρx3x1) = .3580 atau 35,80%, koefisien jalur X2 terhadap X3 (px3x2) — .3197 atau 31,97%, dan faktor lain di luar analisis ini (εl) adalah .7353 atau 73,53%. Sedangkan persamaan Struktur 2 mertggambarkan bahwa koefisien jalur X1 terhadap X4 (ρx4xl) = .30338 atau sebesar 30,34%, koefisien jalur X2 terhadap X4 (px4x2) = .26981 atau sebesar 26, 98%, dan faktor lain di luar analisis ini (ε2) adalah .5238 atau sebesar 52,38%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik130518778
Thesis advisorSibarani, Berlin131119892
Call Number: 372.34 Sin p
Keywords: Kepuasan kerja; Motivasi kerja; Kepemimpinan transformasional; Komunikasi interpersonal; Kepala sekolah; Guru
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item