PENERAPAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2017/2018

LUBIS, ANNI KHOLILAH (2018) PENERAPAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311006_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311006_BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311006_BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah
pada mata pelajaran IPA, karena pembelajaran masih berpusat pada guru
dan penggunaan model pembelajaran masih kurang. Adapaun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
IPA di kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.A 2017/2018.
Jeis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan
jumlah siswa terdiri dari 27 siswa. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan
dalam dua siklus dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar
observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan
observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa, sebagai tolak
ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila
tingkat ketuntasan klasikal sebesar 75%.
Berdasarkan analisis data pada saat pretest dari 27 siswa yang
tuntas sebanyak 7 orang siswa dengan persentase 30% dan yang tidak
tuntas sebanyak 20 orang dengan persentase 74,0% dengan nilai rata –
rata 46,6. Setelah melakukan postest siklus I diperoleh hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA yang tuntas hasil belajanya sebanyak 14 orang
dengan persentase 51,8% dan yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak
13 orang dengan persentase 48,1% dengan nilai rata – rata 54,0. Perolehan
hasil siklus I perlu kiranya ditindak lanjuti pada siklus II postest II dengan
perolehan hasil secara signifikan menjadi yang tuntas hasil belajarnya
sebanyak 25 orang siswa dengan persentase 92,5% dan yang tidak tuntas
hasil belajarnya sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 7,4% dengan
nilai rata – rata 75,9.
Berdasarkan lembar observasi guru dalam mengajar pada setiap
siklus terjadi peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan I mendapat
68,75% dengan kategori kurang kompeten dan pada pertemuan kedua
72,9% dengan kategori cukup kompeten. Peneliti melanjutkan
pembelajaran pada siklus II dimana hasil temuannya pada pertemuan
pertama sebanyak 87,5% dengn kategori kompeten dan dilanjutkan pada
pertemuan ke II mendapat skor 93,7%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar
IPA materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 033
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2018 15:22
Last Modified: 12 Apr 2018 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29599

Actions (login required)

View Item
View Item