PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS PROSEDUR KOMPLEKS UNTUK KELAS X SMA DI MEDAN LABUHAN

Simanjuntak, Sondang Bulan M (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS PROSEDUR KOMPLEKS UNTUK KELAS X SMA DI MEDAN LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136191016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136191016 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136191016 APPROVAL SHEET.,.,.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136191016 APPROVAL SHEET.,.,.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136191016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136191016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136191016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136191016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136191016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136191016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136191016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136191016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8136191016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8136191016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 8136191016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM 8136191016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar LKS pada pembelajaran teks prosedur kompleks untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi, (2) Mengetahui kelayakan produk bahan ajar LKS. Model pengembangan yang digunakan adalah (research and development). Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis. Model ini meliputi beberapa tahap yakni: (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) pengumpulan data, (3) perencanaan bahan ajar, (4) membuat dan mengembangkan produk, (5) validasi ahli materi dan desain (6) uji coba perorangan, uju coba kelompok kecil da uji coba kelompok besar, (7) uji efektifitas. Subjek uji coba dari dua guru mata pelajaran bahasa indonesia, dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari uji ahli materi 82,69% termasuk dalam kategori sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian 85% dengan kategori sangat baik, (3) uji perorangan 84,72% dan 87% berada dalam kualitas sangat baik, (4) uji kelompok kecil 86,11 dan 85% berada dalam kualitas sangat baik dan penilaian terahir uji lapangan 90,83 dan 94 dalam kualitas sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa teks prosedur kompleks sangat layak dan mudah digunakan untuk siswa kelas X SMA Medan Labuhan. Hasil efektifitas terdapat perbedaan yang signifikan yaitu siswa yang belajar menggunakan LKS sesudah dikembangkan dengan nilai rata-rata 81,85 sedangkan sebelum menggunakan LKS yang dikembangkan dengan nilai rata-rata 71,71. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa teks prosedur kompleks efektif digunakan.
Implikasi: Dampak yang dapat diambil dari penelitian LKS ini memperjelas materi dan kegiatan kerja sesuai dengan indikator-indikator yang diharapkan sehingga membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran teks prosedur kompleks. Manfaat penggunaan LKS adalah materi yang disajikan mudah dipelajari, dipahami dan sistematis. LKS memberi kesempatan pada peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing secara mandiri, belajar lebih fokus dan tidak menimbulkan kebosanan karena dilengkapi dengan materi, contoh soal dan latihan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.071 2 Sim p
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKS, teks prosedur kompleks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Mar 2018 09:35
Last Modified: 23 Mar 2018 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29534

Actions (login required)

View Item
View Item