PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GENAP

Rahmania, Sri (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141014 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156141014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156141014 BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156141014 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual untuk kelas XI SMA/MA Semester Genap. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan eksperimen (Research and Development) dimana data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Populasi penelitian adalah buku ajar kimia SMA/MA kelas XI yang menjadi pegangan siswa dan semua siswa SMA/MA Kelas XI (jurusan IPA). Instrumen penelitian berupa angket BSNP, instrumen nilai spiritual, tes objektif, angket penilaian diri dan observasi nilai spiritual. Prosedur penelitian terdiri dari studi empiris, rancangan, validasi dan implementasi. Penelitian ini melibatkan 2 orang dosen kimia ahli dan 20 orang guru kimia sebagai validator bahan ajar yang dikembangkan. Teknik analisa data menggunakan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linear pada program SPSS 19 For Windows dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk/model penanaman nilai spiritual pada bahan ajar kimia pegangan siswa di sekolah berupa pengungkapan hikmah atau pesan moral dari konsep/fakta maupun contoh kimia dalam kehidupan sehari-hari. (2) berdasarkan hasil analisis dengan angket BSNP, bahan ajar kimia yang dikembangkan telah layak dengan deskripsi berdasarkan aspek isi diperoleh sebesar 3.67 yang berarti valid, aspek bahasa sebesar 3.66 yang berarti valid, aspek penyajian sebesar 3.53 yang berarti valid dan aspek kegrafikan sebesar 3.65 yang berarti valid (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (kelas eksperimen 2) dengan siswa yang menggunakan buku pegangan siswa di sekolah (kelas eksperimen 1) yaitu pada kelas eksperimen 1 sebesar 68% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 74%, (4) terdapat perbedaan peningkatan nilai spiritual antara siswa yang menggunakan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (kelas eksperimen 2) dengan siswa yang menggunakan buku pegangan siswa di sekolah (kelas eksperimen 1) yaitu pada kelas eksperimen 1 sebesar 47% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 79%. (5) terdapat hubungan antara nilai spiritual terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar kimia telah dikembangkan sebesar 29.8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMahmud, 19580222189031002
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: 540.071 2 Rah p
Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Nilai Spiritual, Larutan Penyangga, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Mar 2018 09:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29533

Actions (login required)

View Item View Item