THE EFFECT OF TEACHING METHODS AND STUDENTS’ PERSONALITIES ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING

Saragih, Bunga Valentin (2017) THE EFFECT OF TEACHING METHODS AND STUDENTS’ PERSONALITIES ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8156182009 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8156182009 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156182009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156182009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8156182009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8156182009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8156182009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8156182009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8156182009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8156182009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8156182009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8156182009 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8156182009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8156182009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8156182009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8156182009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8156182009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8156182009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8156182009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8156182009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8156182009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8156182009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) hasil belajar
menulis teks deskriptif siswa yang diajarkan dengan metode Project-based
Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar menulis deskriptif siswa yang
diajarkan dengan metode Problem-based Learning, 2) hasil belajar menulis teks
deskriptif siswa yang memiliki kepribadian introvert lebih tinggi dari pada hasil
belajar menulis teks deskriptif siswa yang memiliki kepribadian extrovert, 3)
adakah interaksi antara metode pembelajaran dan kepribadian siswa terhadap hasil
belajar menulis teks deskriptif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh
siswa kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Jumlah total dari populasi sebanyak 72 siswa. Terdapat 52 siswa yang terpilih
menjadi sampel dalam penelitian ini yang diajarakan dengan metode
pembelajaran. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan 2×2 faktorial.
Siswa akan dibagi menjadi dua group. Group yang pertama akan diajar dengan
menggunakan metode Project-based Learning dan group yang kedua akan diajar
dengan menggunakan metode Problem-based Learning. Angket kepribadian
siswa akan diberikan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kepribadian
siswa yaitu introvert dan extrovert. Hasil belajar siswa akan dihitung dengan test
tertulis. Hasil penelitian akan dihitung dengan menggunakan analisis dua jalur
(ANOVA) pada taraf signifikan α=0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)
hasil belajar menulis teks deskriptif siswa yang diajar dengan metode Projectbased
Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar menulis deskriptif siswa yang
diajarkan dengan metode Problem-based Learning dengan hasil rerata nilai
67.97>64.6. 2) hasil belajar menulis teks deskriptif siswa yang memiliki
kepribadian introvert lebih tinggi dari pada hasil belajar menulis teks deskriptif
siswa yang memiliki kepribadian extrovert dengan hasil rerata nilai 76.52>56.28.
3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kepribadian siswa terhadap
hasil belajar menulis teks deskriptif dengan total nilai 80.47>56.96. Setelah
melaksanakan uji lanjut dengan menggunakan Scheffee-test, hasilnya
menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kepribadian introvert memperoleh hasil
belajar yang lebih tinggi dalam menulis teks deskfriptif bila diajar dengan
menggunakan metode Project-based Learning dan siswa yang memiliki
kepribadian extrovert memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dalam menulis
teks deskriptif jika diajar dengan menggunakan metode Problem-based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Sar e
Keywords: metode pembelajaran, kepribadian siswa, menulis deksriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Mar 2018 09:35
Last Modified: 19 Mar 2018 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item
View Item