ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TATARAN SINTAKSIS PADA PENULISAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Hutabarat, Friesca Rynna Uli (2017) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TATARAN SINTAKSIS PADA PENULISAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM  2123111024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123111024 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM  2123111024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM  2123111024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123111024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM  2123111024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123111024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM  2123111024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM  2123111024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123111024 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM  2123111024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123111024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM  2123111024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2123111024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM  2123111024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123111024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM  2123111024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2123111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan sintaksis yang berupa kesalahan bentuk frasa dan kalimat pada penulisan teks prosedur kompleks. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan, yaitu kelas X IPS-3 yang ditunjuk oleh wakil kepala sekolah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks prosedur kompleks 26 orang siswa yang mengandung kesalahan sintaksis berupa frasa dan kalimat. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data merupakan penulis sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Ada enam aspek yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kesalahan penggunaan struktur frasa, yaitu penggunaan preposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, penjamakan ganda, dan penggunaan bentuk resiprokal yang salah. Hal-hal yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kesalahan penggunaan struktur kalimat terdapat tujuh aspek, yaitu kalimat yang tidak berpredikat, kalimat yang tidak bersubjek dan tidak berpredikat, kalimat yang tidak logis, penggunaan kata tanya yang tidak perlu, istilah asing, penghilangan konjungsi, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan. Kesalahan berbahasa Indonesia tataran sintaksis pada penulisan teks prosedur kompleks yang dibuat oleh siswa berjumlah 76 kalimat dari 26 teks. Kesalahan tersebut terdiri dari 29 kalimat (38,15%) yang mengandung kesalahan dalam bidang frasa dan 47 kalimat (61,84%) yang mengandung kesalahan dalam bidang kalimat. Dengan demikian, perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia dalam penulisannya sesuai aspek-aspek tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 037
Keywords: Analisis; Kesalahan Berbahasa; Sintaksis; Teks Prosedur Kompleks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 12 Mar 2018 11:09
Last Modified: 18 Feb 2019 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item
View Item