IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

Halimatussakdiah, and Anwar, Khairul (2016) IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG. Research Report. PGSD FIP Unimed, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Analisis awal pada 2015 (Januari s.d Maret) terhadap 36 orang guru SD di 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan Permasalaahan bahwa guru belum memenuhi butir-butir kinerja guru yang disyaratkan sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB No.16 Tahun 2009 yaitu: (1) Kompetensi pedagogik, guru kurang menguasai karakteristik peserta didik, tidak menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, kurang mengembangkan kurikulum, kurang mengembangkan potensi peserta didik, dan kurangnya pengembangan instrumen penilaian. (2) Kompetensi kepribadian, guru kurang bertanggung jawab, kurang disiplin, suka marah, datang terlambat dan sering meninggalkan kelas untuk bergosip sesama guru di ruang guru. (3) Kompetensi sosial, guru kurang bersikap inklusif, belum bertindak objektif, diskriminatif dan kurang bersahabat. (4) Kompetensi professional, guru belum menguasaai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, kurang mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan reflektif. Pencapaian guru dalam empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik (14,72), kepribadian (6,02), sosial (4,41) dan profesional (4,42). Sebanyak 36 orang guru terdapat 22 orang (62%) pada kategori kurang, 8 orang (22,3%) pada kategori sedang, 6 orang (16,7%) pada kategori cukup, dan tidak ada yang memenuhi kategori baik dan amat baik. Hal tersebut mengisyarakat bahwa guru-guru mengalami kesulitan dalam memenuhi empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Selain itu dilihat dari persentase nilai rata-rata (52,55%) kemampuan guru dalam memenuhi PKG termasuk masih rendah. Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru (PKG) bagi guru di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan pada kegiatan kolektif profesi guru (KKG) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk artikel ilmiah serta penyusunan portofolio PKG. Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam memenuhi Penilaian Kinerja Guru (PKG). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKG ini adalah sebagai berikut : (1) adanya RPP guru untuk pembelajaran inovatif, (2) adanya portofolio PKG, (3) adanya artikel ilmiah guru. Mekanisme kegiatan pendampingan PKG ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d Desember 2016 di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Kinerja; Guru; Penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Mar 2018 09:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item View Item