PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KARTU PINTAR UNTUK KELAS IV SD DI LUBUK PAKAM

Samosir, Alexander (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KARTU PINTAR UNTUK KELAS IV SD DI LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156182006 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156182006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156182006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156182006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156182006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156182006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156182006 BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 8156182006 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156182006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bentuk kartu pintar tema lingkunganku kelas IV . Peneliti ini dilakukan karena efektifitas belajar siswa masih tergolong rendah, termasuk pada siswa kelas IV ADVENT Lubuk Pakam. Selain itu buku tema lingkunganku yang beredar di sekolah materi yang disajikan materi daerah jawa yang diceritakan di teks dalam buku tersebut. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV ADVENT Lubuk Pakam kecamatan Lubuk Pakam, pada semester genap tahun pelajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Develoment/ R&D) Model Borg and Gall (1) Penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting) (2) Perencanaan (planning) (3) Pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), (4) Uji coba lapangan awal (preliminary field testing), (5) Merevisi hasil uji coba (main product revision), (6) Uji coba lapangan (main field testing), (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision), (8) Uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing). (9) Penyempurnaan produk akhir (final product revision), (10) Diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu pintar berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dengan memperoleh presentase 91,0%, dengan validasi disain media 91,0% dan validasi ahli bahasa nilai 88,3%. Demikian juga tes hasil belajar siswa yang menggunakan validasi product moment . Rata- rata perolehan skor pada tes awal kelas IV sebelum mengunakan media pembelajaran dikembangkan hasil rata-rata pretes 15,8 , sesudah mengunakan media pembelajaran terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata- rata 81,8. Maka penerapan media pembelajaran dinyatakan efektif dan sangat baik .

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Thesis advisorMurad, Abdul195902181987031002
Call Number: 371.360 71 Sam p
Keywords: Media Pembelajaran,Tematik, Kartu Pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Mar 2018 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29406

Actions (login required)

View Item View Item