HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERPRAGMATIK MAHASISWA PGSD D-II UNIMED

Ritonga, Mastiana (2004) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERPRAGMATIK MAHASISWA PGSD D-II UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500015020068 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500015020068 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500015020068 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500015020068 - Bab I.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500015020068 - Bab V.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500015020068 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan penguasaan kosakata dengan keterampilan berpragmatik mahasiswa PGSD D-II Unimed. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Variabel yang diteliti yaitu Minat belajar (X1), Penguasaan kosakata (X7) dan Keterampilan berpragmatik (Y). Populasi penelitian adatab seluruh mahasiswa PGSD 1)-1I Unimed semester III I.A 2002/2003, yang berjumlah 400 orang clan terdiri dari 10 kelas. Sampel diambil sebanyak 15 % dari populasi, sehingga jumlahnya sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsi berdasarkan kelasnya, dan pada setiap kelas dilakukan secara acak, sehingga teknik pengambilan sampel yaitu Proporsional Random Sampling,Ana[isis statistik yang dilakukan dalam penelitian ln.i yaitu analisis deskripsi dan analisis inferensi yang nieliputi analisis korelasi dan regresi.Hash penelitian menunjukkan bahwa minat belajar, penguasaan kosakata dan keterampilan berpragmatik dari mahasiswa PGSD D-11 Unimed termasuk kategori cukup atau sedanng, Kemudian basil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan keterampilan berpragmatik mahasiswa pada taraf a 5 %. dengan koefisien korelasi sebesar 0,728. Penguasaan kosakata mempunyai hubungan dengan keterampilan berpragmatik dari mahasiswa PGSD D¬11 Unimed pada taraf a= 5 % dengan koefisien korelasi sebesar 0,872, Lebih lanjut terdapat hubungan antara minat belajar dan peguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan berpragmatik pada taraf a = 5 °/0 dengan koefisien korelasi sebesar 0,890.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan penguasaan kosakata cukup signifikan menjelaskan keterampilan berpragmatik mahasiswa PGSD D-11 Unimed. Artinya secara rata-rata semakin tinggi (baik) nilai minat belajar dan nilai penguasaan kosakata mahasiswa maka semakin tinggi (balk) keterampilan berpragmatik dari mahasiswa tersebut. Minat belajar dan penguasaan kosakata mahasiswa dapat menjelaskan keterampilan berpragmatiknya sebesar 79,21 %. Sedangkan sebesar 20,79 % lagi keterampilan berpragmatik mahasiswa dijelaskan oleh variabel bebas lainnya. Persamaan garis regresi antara variabel keterampilan berpragmatik dengan minat belajar dan penguasaan kosakata yaitu didapat Y = 1,883 + 0,002 X1 ± 0,814 X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031000
Call Number: 378.05 Rit h
Keywords: Universities and Colleges;Belajar;Bahasa;Pengajaran;Pragmatik;Pragmatics;Kosakata;
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item