ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Pardede, Dara Rukmana (2018) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2131111011 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2131111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2131111011 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2131111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2131111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2131111011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2131111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2131111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2131111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2131111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ulangan harian bahasa Indonesia berdasarkan validitas soal, reliabilitas soal, daya pembeda soal, dan taraf kesukaran soal. Metode yang digunakan adalah uji coba kepada 122 siswa SMA N 1 Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yakni analisis soal yang menekankan pada analisis karakteristis internal tes melalui data yang diproleh secara empiris. Karakteristik internal dimaksudkan meliputi validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal pada soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik kemampuan siswa menjawab soal-soal tersebut adalah: (1) Dari 25 soal Ulangan Harian diperoleh 85% tergolong valid. (2) Tingkat reliabilitas dari 25 soal Ulangan Harian sebesar 0.41%. Ini berarti keseluruhan soal belum reliabel. (3) Rata-rata daya beda soal Ulangan Harian tergolong cukup dengan hasil 55%. (4) Rata-rata tingkat kesukaran soal Ulangan Harian tergolong sedang dengan nilai persentase 70%. Maka dari hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa soal Ulangan Harian dapat dijawab siswa dengan cukup baik dan tergolong soal yang baik dan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item