PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD CHANDRA KUSUMA SCHOOL DELISERDANG

Dalimunthe, Riana M (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD CHANDRA KUSUMA SCHOOL DELISERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188230056 abstrak.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230056 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230056 bab I.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230056 bab V.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview

Abstract

Tujuan dan penelitian ini adalah untuk : (1) mengarnati apakah kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery memperoleh hasil belajar sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (2) menginvestigasi apakah siswa laki-laki memperoleh hasil belajar sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan, (3) mengukur interaksi yang terjadi antara stratcgi pembelajaran dengan perbedaan jenis kelamin terhadap hasil belajar sains.Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi berjumlah 66 orang siswa dengan sarnpel berjumlah 44 orang siswa yang merupakan keseIuruhan dari populasi penelitian. Teknik pengambilan sampcI dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 22 orang siswa untuk strategi pembelajaran discovery dan 22 orang siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori.Untuk menganalisis tes hasil belajar sains digunakan rumus kolerasi point biserial, dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus KR- 20. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dan dilanjutkan dengan uji tukey. Data hams normal sebelutn hipotsis diuji. yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan ujiBarlett.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar sains antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, yang ditunjukkan dengan Fhitung = 8.20 > Ftabd = 4.08, pada taraf signifikan a = 0.05; (2) Tidak terdapat perbedaan basil belajar diantara siswa Iaki-laki dan perempuan yang ditunjukkan oleh Fhitung = 4.02 < Ftabci = 4.08, pada taraf signifikan a = 0.05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap basil belajar, yang ditunjukkan oleh Fhltung = 32.73 > Fmk! = 4.08, pada taraf signifikan a -- 0.05.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap hasil belajar sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Call Number: 372.24 Dal p
Keywords: Jenis Kelamin; Hasil Belajar Sains; Siswa; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item