PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018

Hasibuan, Febri Majidah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121007 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132121007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121007 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121007 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4132121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasie ksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-TKR sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan beda (uji t). Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,72 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 38,84. Diperoleh nilai rata-rata postest kelas kontrol 68,64 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 75,6. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 2,15 dan ttabel = 2,01, sehingga thitung > ttabel (2,15>2.01) maka Ha diterima yakni ada pengeruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P. 2017/2018 atau hasil belajar fisika siswa dengan dengan menerapkan model berbasis masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Togi196105011987031003
Call Number: SK-2018 FIS 047
Keywords: Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item