EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATU ATAP PAGARGUNUNG KABUPATEN TOBASA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Hutapea, Lidia Suryanti (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATU ATAP PAGARGUNUNG KABUPATEN TOBASA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2132111012 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2132111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2132111012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2132111012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2132111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2132111012 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2132111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2132111012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2132111012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2132111012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2132111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VII SMP N 3 Satu Atap Pagargunung, Kab. Tobasa dengan jumlah 117 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post-Test Design yang dilaksanakan pada dua kelas. Kelas eksperimen dengan metode CIRC dan kelas pembanding dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal pilihan berganda. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test kedua variabel. Adapun nilai rata-rata post-test dengan menggunakan metode konvensional = 66.5, standar deviasi = 6.84, dan identifikasi nilai untuk kelompok pembanding antara lain; 20% = 6 siswa dalam kategori baik, 70% = 21 siswa dalam kategori cukup, dan 10% = 3 siswa dalam kategori kurang. Sedangkan nilai rata-rata post-test dengan menggunakan metode CIRC = 78, standar deviasi = 7.24, dan identifikasi nilai untuk kelompok eksperimen antara lain; 10% = 3 siswa dalam kategori sangat baik, 66,67% = 20 siswa dalam kategori baik, dan 23,33% = 7 siswa dalam kategori cukup. Dari hasil uji normalitas post-test untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen diketahui keduanya berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel penelitian berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to = 6,25 kemudian dikonsultasikan dengan pada taraf yang signifikan 5% df = n-1= 29. Dari df 29 taraf signifikan 5% harga = 2,04. Karena nilai to lebih besar dari , yaitu 6,25 > 2,04. Maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Competision) memiliki efektivitas yang signifikan terhadap meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Pagargunung Kab. Tobasa tahun 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M Joharis196202121990031003
Call Number: SK-2018 IND 004
Keywords: Efektivitas; gagasan utama; metode pembelajaran CIRC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29072

Actions (login required)

View Item View Item