PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA PADA SMA METHODIST TANJUNG MORAWA

Resien, (2010) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA PADA SMA METHODIST TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
150071188230079 Abstrak.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150071188230079 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150071188230079 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150071188230079 Bab V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150071188230079 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif model tutorial dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif model latihan dan praktik, (2) hasil belajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap inovatif rendah dan (3) interaksi antara media pembelajaran interaktif dan sikap inovatif siswa terhadap hasil belajar TIK.Populasi dalam penelitian ml adalah seluruh siswa kelas XI WA SMA Swasta Methodist Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 92 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa untuk penggunaan media interaktif model tutorial dan 30 siswa penggunaan media interaktif model latihan dan praktik. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. thank menjaring data sikap inovatif siswa digunakan angket yang telah diuji kevalidtannya. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan Anava duo jalur.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) basil helajar TIK siswa yangdibelajarkan dengan penggunaan media interaktif latihan dan praktik = 35,10)lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan mediainteraktif tutorial (X = 31,43), dengan Frowns = 8,39 > Ftabei = 4,02, (2) basil belajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif positif (X = 35,9) lebih tinggi darisiswa yang memiliki sikap inovatif negatif (X = 30,63), dengan Fhitung 19,42 > Futbei =4,02, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan media interaktif dengan sikap inovatif siswa terhadap basil belajar TIK, dengan Fh,,,„g 9,13 > Ftabei =- 4,02.Perhitungan uji lanjut dengan menggunakn uji Tukey menunjukkan (1) pada media pembelajaran interaktif latihan dan praktik, rata-rata nilai hasil helajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif positif (X=35,00) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap inovatif negatif (7-34,66), (2) pada media pembelajaran interaktif tutorial, rata-rata nilai hasil belajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif positif (7=36,00) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap inovatif negatif (Y=28,00), (3) rata-rata nilai basil belajar TIK yang tertinggi adalah pada media pembelajaran interaktif tutorial dengan siswa yang memiliki sikap inovatif positif (37-36.00). sedangkan yang terendah adalah pada media pembelajaran interaktif tutorial dengan siswa yang memiliki sikap inovatif negatif (Y=28,00).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: 373.238 Res p
Keywords: Belajar;Pembelajaran;Media Programs (Education);Komunikasi;Informasi;Inovatif;Teknologi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item