PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI SMK AR-RAHMAN MEDAN

Nasution, Elvy Sahnur (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI SMK AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188230044 abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230044 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230044 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230044 bab V.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuti: (1) hasil belajar MPK3 antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran human modeling dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) basil belajar MPK3 siswa yang memilild Gaya Belajar Kinestetik dan Gaya Belajar visual, (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap basil belajar MPK3.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan 104 siswa sebagai populasi dan 72 siswa sebagai sampel yang diambil dengan Teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa untuk strategi pembelajaran human modeling dan 36 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrumeii pengukuran untuk mengukur hasil belajar MPK3 digunakan rumus point biserial correlation dan untuk mengukur reabilitas tes digunakan KR. 20. iipotesis penelitian di uji dengan menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelum digunakan ANAVA 2 jalur, terlebih dulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu: Uji Normalitas dengan Uji Lilliefors dan uji Homogenitas dengan Uji Barlett.Dad hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) hasil belajar MPK3 siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran human modeling lebih tinggi dari basil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori Fbitung = 4.24 > Fuibel = 3,98, (2) hasil belajar siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik lebih tinggi daripada basil belajar siswa dengan Gaya Belajar visual Fhiteng = 4.30 > Fri = 3,96, (3) Terdapat interaksi alltara strategi pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap hasil belajar MPK3 dengan Flo:um = 11.10 > Fiabet 3,96.Dad basil penelitian disimpulkan bahwa ada interaksi antara strategi pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap hasil belajar MPK3.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 373.23 Nas p
Keywords: Belajar;Strategi;Pembelajaran;Ekspositori;Pelatihan;Vocational School Graduate;Kesehatan;Keselamatan;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item