PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN TARI SERAMPANG XII DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 3 MEDAN

AMALIA, DINI WUTSQA (2017) PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN TARI SERAMPANG XII DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123140013 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123140013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123140013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123140013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123140013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123140013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123140013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123140013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123140013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123140013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123140013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill terhadap penguasaan pembelajaran tari Serampang XII dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Medan.Dalam pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori penerapan, pembelajaran tari, Serampang XII, ekstrakurikuler, dan metode drill.Metode yang digunakan dalah metode deskriptifkuantitatif. Dan penelitian ini juga menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test dimana pre-test mencari hasil sebelum menggunakan penerapan metode drill, sedangkan post-test sesudah melakukan penerapan metode drill dalam pembelajaran tari Serampang XII. Populasi pada penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian yaitu siswi SMA Negeri 3 Medan yang sedang mengikuti ekstrakurikuler di sekolah yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi dengan studi dokumentasi, dan studi kepustakaan.Dari perolehan data diketahui hasil perhitungan bahwa untuk hasil Pre-test pembelajaran tari Serampang XII sebelum dengan menggunakan penerapan metode drill dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata = 62,56, dan standar deviasi = 58,70. Dan hasil nilai keterampilan tari Serampang XII dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 78,32 , dan standar deviasi = 72,42. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”, hasil perhitungan uji “t” pada penerapan metode drill terhadap penguasaan pembelajaran tari Serampang XII dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 medan diperoleh besar thitung = 7,7922 dan ttabel = 1,65. Sehingga thitung > ttabel (7,7922> 1,65) maka hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran tari serampang XII menggunakan metode drill berpengaruh signifikan terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa SMA Negeri 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRAHAYU, TUTI196612011993032002
Call Number: SK-2018 TARI 007
Keywords: METODE DRILL, PEMBELAJARAN TARI SERAMPANG XII
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28999

Actions (login required)

View Item View Item