PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN

Lumban Toruan, Fernando Jamian Fantri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.   NIM 5131111006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5131111006 COVER.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 2.   NIM 5131111006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5131111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.   NIM 5131111006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5131111006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 4.   NIM 5131111006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5131111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 5.   NIM 5131111006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5131111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 6.   NIM 5131111006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5131111006 TABLES.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 7.   NIM 5131111006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5131111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 8.   NIM 5131111006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5131111006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 9.   NIM 5131111006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5131111006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5131111006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5131111006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5131111006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5131111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Fernando Jamian Fantri Lumban Toruan. NIM 5131111006. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Skripsi. Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan. 2017. Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Statika & Tegangan pada siswa kelas X2 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Berdasarkan observasi yang dilakukan terdapat beberapa masalah yang ada pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran yang digunakan guru masih cenderung konvensional, guru belum menggunakan model pembelajaran yang mengacu pada kurikulum yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan pada kompetensi dasar menganalisis dan menghitung konstruksi balok sederhana melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas dalam dua siklus yang masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dari instrumen tes hasil belajar siswa yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Uji validitas menggunakan rumus point biserial dengan mengacu apabila rpbis > rtabel pada taraf signifkan 5% maka butir soal valid. Sedangkan uji relibilitas digunakan rumus KR-20. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata- rata nilai hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 71 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,65 dengan ketuntasan klasikal 79,41% meningkat pada siklus II menjadi 82,01 dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa kelas X2 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Dalam kegiatan belajar mengajar guru dapat menjadikan model pembelajaran Think Talk Write sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BAN 003
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas;Model Pembelajaran;Think Talk Write;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:23
Last Modified: 18 Feb 2019 05:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item
View Item