UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMP MEMECAHKAN MASLAH MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PERPADUAN TEORI VYGOTSKY DAN BRUNER

Simanjuntak, Lamhot Mauli (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMP MEMECAHKAN MASLAH MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PERPADUAN TEORI VYGOTSKY DAN BRUNER. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
081188830012 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
081188830012 abstrak.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188830012 daftar isi.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img] Text
081188830012 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
081188830012 bab V.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188830012 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (I) untuk mengetahui apakah meningkat kemampuan siswa memecahkan masalah matematika dengan menerapkan teori Vygotsky dan Bruner,(2) untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dalam mcmecahkan masalah pembelajaran matematika dengan menerapkan perpaduan teori Vygotsky dan Bruner,(3) untuk mcndiskripsikan tingkat kemampuan guru dalam mengelola pcmbelajaran Matematika dengan menerapkan perpaduan tcori Vygotsky dan Bruner,(4) untuk mengctahui respon siswa dalam memecahkan masalah matematika.Penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas VII SMP Negeri 2 Balige TP 2009/2010.0bjek Penelitian ini adalah penerapan perpaduan Teori Vygotsky dan Bruner sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa memccahkan masalah matcmatika Instrumen penelitian untuk mengetahui persentase kemampuan mcmccahkan masalah matematika siswa digunakan tea berbentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 6 butir soal dengan koefisicn realibitas 0,53, untuk mengetahui aktivitas siswa digunakan lembar pengamatan.Untuk mengetahui persentase peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran digunakan lembar pengamatan, dan angket untuk mengetahui persentase respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran.Hasil Penelitian diperoleh : (I) Persentase Kemampuan siswa mcmecahkan Masalah secara klasikal dari Siklus 1 ke siklus II meningkat sebesar 20% Secara keseluruhan persentase aktivitas siswa dalam setiap komponen pembelajaran memecahkan masalah dari siklus I ke siklus II meningkat 3,58 %,(3)Persentase Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus 1 ke Siklus II meningkatsebesar 0.51%, (4)persentase respon Siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II menigkat sebesar 2,99 %.Dan hasil analisis data disimpulkan bahwa : (I) perpaduan Icon Vygotsky dan Bruner dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah pada pokok bahasan perbandingan, (2) perpaduan Icon Vygotsky dan Bruner dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mcmecahkan masalah matematika.(3)dengan mcnerapkan perpaduan Icon Vygotsky dan Bruner dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran,(4)perpaduan Icon Vygotsky dan Bruner dapat meningkatkan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran.Berdasarkan kesimpulan di alas disarankan bagi guru matematika: (I) agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan perpaduan teori Vygotsky dan Bruner upaya meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matcmatika, (2) Pembelajaran penerapan perpaduan tcori Vygotsky dan Bruner hendaknya menyediakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang mcmuat komponen perpaduan Icon Vygotsky dan Bruner untuk meningkatkan aktivitas siswa, (3) sebagai masukan dalam mcningkatkan kemampuan guru mengelola pembelajaran, (4) bahan penimbangan dalam mengambil kebijakan karcna dapat mcmberikan respon positip terhadap kegiatan pembelajaran, (5) bagi yang berminat mengadakan penelitian tindakan, diharapkan mengembangkan pcnggunaan perpaduan teori Vygotsky dan Bruner.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196510091991021001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 373.236 Sim u
Keywords: Kemampuan Siswa; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item