PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA N 1 PANCURBATU TP 2016/2017

Simatupang, Jujur Monasari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA N 1 PANCURBATU TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131121022 COVER.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4131121022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4131121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4131121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4131121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4131121022 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4131121022 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4131121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4131121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4131121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4131121022 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 5 dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas X MIA 4 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah esai tes sebanyak 5 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 41,35 dan 41,25. Kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Selanjutanya nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,48 dan kelas kontrol 54,16. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSImamora, Pintor196104021987031002
Call Number: SK-2018 FIS 007
Keywords: DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28728

Actions (login required)

View Item View Item