PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PARDAMEAN, KRISTHIANDA (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4111311005 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4111311005 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4111311005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4111311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4111311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4111311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4111311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4111311005 BAB I.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4111311005 BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4111311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan open ended pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini ada 6 kelas, Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa dan siswa Kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa di SMP Negeri 1 Siborongborong. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Sebelum test digunakan terlebih dahulu diujicobakan diluar kelas sampel dan hasilnya menunjukkan semua instrumen valid dan reliabel. Uji normalitas kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif menggunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok siswa yang menggunakan pendekatan metakognitif didapat nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau (0,124 < 0,189) pada α 5%, maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Perhitungan normalitas kelompok siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended didapat nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,089 < 0,189 pada α 5%, maka dengan demikan populasi distribusi normal. Uji homogenitas kemampuan penalaran siswa menggunakan uji fisher. Diperoleh Fhitung = 1,375; Ftabel = 1,84. Pada α = 0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, ternyata F hitung < F tabel, maka disimpulkan data kemampuan penalaran siswa bervarians sama. Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 7,6, ttabel = 2,659 pada α = 0,05 dan dk = 62. Ternyata thitung = 7,6 > ttabel = 2,66 maka disimpulkan bahwa Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan open ended pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFAUZI, MUHAMMAD AMIN19640629 199303 1 001
Call Number: SK-2018 MAT 039
Keywords: Penalaran Matematika; Pendekatan Metakognitif; Pendekatan Open Ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28619

Actions (login required)

View Item View Item