STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI (KASUS SMA NEGERI 3 MEDAN DAN SMA NEGERI 15 MEDAN)

, LAMIADIATI (2017) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI (KASUS SMA NEGERI 3 MEDAN DAN SMA NEGERI 15 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156132077 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156132077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156132077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156132077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156132077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156132077 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156132077 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156132077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156132077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156132077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran geografi SMA Negeri Kota Medan. Subjek penelitian ini adalah guru geografi SMA Negeri di kota Medan sebanyak 4 yaitu 2 guru geografi SMA Negeri 3 Medan dan 2 guru geografi SMA Negeri 15 Medan. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah studi dokumentasi dan teknik wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses perumusan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yaitu guru geografi pada SMA Negeri 3 Medan dan SMA Negeri 15 Medan merumuskan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) pada setiap semester. Proses dan tahapan yang dilakukan dalam pengembangan materi juga berbeda-beda, guru geografi SMA Negeri 3 Medan melakukan pengembangan materi hanya dengan mengandalkan materi sebelumnya saja, sedangkan guru geografi SMA Negeri 15 Medan mengembangkan materi lebih kreatif, yaitu menggunakan teknologi, seperti mencari materi dengan cara mendownload data dan video melaui internet. Bentuk pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pengembangan diri, ditemukan bahwa guru geografi SMA Negeri 3 Medan tidak semua dapat menggunakan komputer dengan baik sedangkan guru geografi SMA Negeri 15 Medan dapat menggunakan dengan baik. Bentuk kegiatan pengembangan kompetensi profesi berkelanjutan yang dilakukan oleh guru geografi SMA Negeri se-Kota Medan, seperti mengikuti kegiatan pelatihan/seminar, Penelitian Tindakan Kelas, dan Mengikuti forum ilmiah seperti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Solusi guru dalam menerapkan bentuk-bentuk strategi pengembangan keprofesionalan berkelanjutan, seperti ketidak mahiran dalam menggunakan teknologi sehingga sulit untuk mencari materi tambahan wawasan, kurangnya buku referensi di perpustakaan sekolah, dan banyaknya jam mengajar yang diberikan, dan solusi bagi guru gografi SMA Negeri 3 Medan maupun guru lainnya yang kurang mahir menggunakan teknologi yaitu harus lebih keras lagi dalam hal mendalami teknologi dan berbagai informasi, dan pihak sekolah harus sering membuat pelatihan mengenai penggunaan teknologi sehingga memudahkan para guru geografi maupun guru lainnya untuk mengembangkan keilmuannya

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, DARWIN196412311991031042
Thesis advisorPURBA, SUKARMAN196205231987031002
Call Number: 371.120 712 Lam s
Keywords: STRATEGI, KOMPETENSI PROFESIONAL, GURU GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28611

Actions (login required)

View Item View Item