PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA

Sinaga, Hermanto (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132131035 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132131035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132131035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132131035 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132131035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132131035 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132131035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132131035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester I pada materi ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Negeri 9 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (30 siswa) SMA Negeri 9 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum ikatan kimia terdiri dari percobaan: ikatan ion dan ikatan kovalen serta ikatan kovalen polar dan nonpolar. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,53 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,11 dan penuntun praktikum B= 3,17). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar rata-rata nilai gain sebesar 0,76 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 85,43. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,73>1,69) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNainggolan, Bajoka19608151985031002
Call Number: SK-2018 KIM 027
Keywords: Modul Penuntun Praktikum, Pengembangan Dan Ikatan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item