HUBUNGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL DAN INTEGRITAS MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS HKBP NOMENSEN PEMATANG SIANTAR

Sibarani, Manaor (2010) HUBUNGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL DAN INTEGRITAS MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS HKBP NOMENSEN PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
065030592 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030592 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030592 Abstrak.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030592 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030592 Bab V.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030592 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji layanan tri dharma yangdifokuskan pada kinerja dosen FKIP UHN, kemampuan professional dan integritasnya.Dengan demikian, penelitian inimengkaji tiga variabel dalam layanan dosen, yaitu. Kinerja dosen, kemampuan professional dan integritasnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungankemampuan profesional dan integritas melaksanakan tugas baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja dosen di FKIP Universitas HKBP NommensenPematangsiantar.Permasalahan penelitian yang dikaji dinyatakan sbb:Adakah hubungan antara kemampuan professional dan integritas dosen dengan kinerjanya? Kinerja dosen meliputi tampilan layanan totalnya sebagai dosen yang meliputi kegiatan belajar dengan perkuliahan, pembuatan SAP, kegiatan riset danpengabdian masyarakat dan aneka tampilan lainnya. Kemampuan professional dosen meliputi peningkatan kecerdasannya sebagai dosen, peningkatan kualifikasi akademik, pertumbuhan jabatan, pemenuhan kualifikasi, dan anekakompetensi lainnya. Integritas dosen meliputi buah-buah pergumulan dalam bentuk jati diri, sikap dan tats nilai, dan komitmen atas panggilan tri dharma (value system).Metodologi dan rancangan penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hipotesis yang diuji ialah: Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan professional dan integritas melaksanakan tugas dengan kinerja dosen. Prosedur pengumpulan data dilakukan sbb. Populasipenelitian mencakup seluruh dosen FKIP UHN. Metode sampling dengan acak dan purposive. Instrumen yang digunakan diadaptasi dan mengacu pada instumen portfolio kuantitatif yangdigunakan Dikti dalam sistem PT Indonedosensia.Pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan analisis regressi. Temuan penelitian dinyatakan sbb: (1) Terdapat hubungan yang siginifikan antara kemampuan professional dosen dengan kinerjanya (Rx1y = 0,361); (2) Terdapat hubungan yangsignifikan antara integritas dosen dengan kinerjanya (Rx2y 0,338); dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan professional dan integritas dosen dengan kinerjanya (F = 4,22; signifikan pada α = 0,024).Signifikansi temuan ini dapat dinyatakan sebagaiimplikasi penelitian sbb: Bila institusi melakukan tindak pendididkan yang di dalam hal ini FKIP UHN menata, membina dan meningkatkan kemampuan professional dan integritas dosen, maka tindak pendidikan demikian akan memberikan hasilsistemik dalam pengembangan dan improvisasi kualitas institusi baik pada tingkat fakultas maupun pada tataran jurusan, prodi atau personal dosen.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Parlindungan130186746
Thesis advisorSiman, 195501081983031007
Call Number: 378.124 Sib h
Keywords: Lecture; Kinerja; kemampuan profesional; Integritas dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item