EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ENERGI GERAK DI KELAS III SDN 2 BANDA ACEH

Dewi, Santi and Saputri, Zuriati Siska (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ENERGI GERAK DI KELAS III SDN 2 BANDA ACEH. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
S Dewi, ZS Saputri.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Energi Gerak di Kelas III SDN 2 Banda Aceh”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi konsep energi gerak di kelas III SDN 2 Banda Aceh dapat mencapai KKM? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian KKM dalam model Project Based Learning pada materi konsep energi gerak di kelas III SDN Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III berjumlah 119 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIa berjumlah 31 siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 3,9 dan nilai t-tabel = 1,70 ini membuktikan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Project Based Learning Pada materi konsep energi gerak dikelas III SDN 2 Banda Aceh dapat mencapai KKM dan ketika KKM telah tercapai maka hasil penelitian ini dikatakan efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Efektivitas; Ketuntasan Hasil Belajar; Model Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28453

Actions (login required)

View Item View Item