PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMA

Ningsih, Raden Endang Retno (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188830024 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188830024 abstrak.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188830024 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah diperolehnya informasi tentang keefektifan pembelajaran matematika pembelajaran creative problem solving dengan media Autograph. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media Autograph; (2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Autograph dalam pembelajaran pada sub pokok bahasan volume benda pular. Janis penelitian adalah Penalitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa SMU Swasta Istiglal Delitua, kelas XII IPA Tahun Ajaran 2009/ 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Objek Penelitian adalah penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan media Autograph Data penelitian diperoleh dari hasil tes materi prasyarat dan tes pemahaman mengenai kemampuan pemahaman matematik siswa, basil observasi guru dan siswa don angket respon siswa.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus menghabiskan 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes materi prasyarat dan tes pemahaman matematik siswa serta angket respon sista tedsadap model pembelajaran creative problem solving dengan menggunakan media Autograph. Hasil penelitian adalah (I) penerapan model pembelajaran creativ problem solving dengan menggunakan media Autograph dapat meningkatkan tingkat kemampuan pemahaman matematik siswa, (2)penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan menggunakan media Autograph efektif diterapkan pada mated volume benda putar dan, (3) penggunaan media autograph dapat merubah respon siswa terhadap pembelajaran matematika ke arah yang baik (positif). Dan hasil tes materi prasyarat diperoleh nilai rata - rata kemampuan pemahaman matematik siswa adalah 65.29, nilai rata - rata tes siklus I siswa adalah 68,78 dari rata-rata nilai tes siklus II siswa adalab 85,66 serta nilai rata - rata tes pemahaman matematik siswa adalah 88,56.Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa (a)pembelajaran matematika dengan menerapakan model pembelajaran creative problem solving dengan menggunakan media Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa, (b) penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan menggunakan media Autograph efektif diterapkan pada materi volume benda putar, (c)pembelajaran dengan autograph dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga respon siswa terhadap pembelajaran matematika menjadi lebih baik. Disarankan pembelajaran media Autograph dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematik dalam materi integral dari dapat memberikan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 510.071 Nin p
Keywords: Matematika;Pembelajaran;Model;Penelitian;Media;Media Prgrams (Education);Autograph
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item