PENGOLAHAN IKAN KEKEK (Leiognathus equulus) MENJADI ABON SEHAT DAN BEBAS PENGAWET SEBAGAI USAHA ALTERNATIF PANGAN LOKAL DI PANGKALAN SUSU

Daulay, Naimatussyifa and Utari, Dwi (2017) PENGOLAHAN IKAN KEKEK (Leiognathus equulus) MENJADI ABON SEHAT DAN BEBAS PENGAWET SEBAGAI USAHA ALTERNATIF PANGAN LOKAL DI PANGKALAN SUSU. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
N Daulay, D Utari.pdf - Published Version

Download (765kB) | Preview

Abstract

Metode dalam tulisan ini adalah penelitian secara langsung yang dilihat dari kondisi lingkungan di Pangkalan Susu dengan membuat abon dari ikan kekek dari Pangkalan Susu. Keberadaan ikan kekek (Leiognatus equulus) di pantai Pangkalan Susu terkenal memiliki potensi perkembangbiakan yang besar dan pemberdayaan ikan dari segi ekonominya masih belum optimal. Sehingga mendorong penulis untuk mengolah ikan kekek menjadi usaha pembuatan abon yang sehat dan bebas pengawet sebagai salah satu alternatif pangan lokal di Pangkalan Susu. Cara pembuatan abon ini sama seperti pembuatan abon pada umumnya hanya saja bahan utama yang digunakan adalah Ikan kekek dari Pangkalan Susu. Melalui tulisan ini, diharapkan dapat menambah wawasan, berpikir kreatif, inovatif, membangun jiwa kewirausahaan pada mahasiswa dan warga sekitar, dan untuk pemerintah agar lebih memperhatikan sektor perikanan pesisir pantai Pangkalan Susu, mengembangkan perekonomian masyarakat pesisir pantai melalui pengoptimalisasi potensi sumber daya alam perairan pesisir pantai, dan juga meningkatkan perlindungan sumber daya hayati di lautan juga pesisir pantai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ikan Kekek; Abon; Pangkalan Susu
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL614 Fishes
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3 Aquaculture > SH151 Fish culture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28429

Actions (login required)

View Item View Item