PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF BIOLOGI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING

Nasution, Irda Wahida and Manurung, Binari and Gultom, Tumiur (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF BIOLOGI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of IW Nasution, B Manurung, T Gultom.pdf]
Preview
Text
IW Nasution, B Manurung, T Gultom.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan: (1) model pembelajaran berbasis proyek, dan (2) model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas X MAS Al-Wasliyah 22 Tembung. Model penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan sampel penelitian 2 kelas yang ditentukan secara random sampling. Kelas X-A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek, dan kelas X-B dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen penelitian menggunakan uji hasil keterampilan metakognitif dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t pada tingkat signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan: ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran (thit = 2,05; P = 0,043). Hasil keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan model berbasis proyek (86,14 ± 3,8) secara signifikan lebih tinggi daripada model penemuan terbimbing (84,61 ± 2,71). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan para guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada bahan ekosistem sebagai upaya untuk meningkatkan hasil keterampilan metakognitif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 06:55
Last Modified: 24 Jan 2018 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item
View Item