PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTs. DAARUL HIKMAH SEI ALIM ASAHAN

Sitorus, Haji Hamidun and Hasruddin and Edi, Syahmi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTs. DAARUL HIKMAH SEI ALIM ASAHAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of HH Sitorus, Hasruddin, S Edi.pdf]
Preview
Text
HH Sitorus, Hasruddin, S Edi.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap: Berfikir kritis siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0.05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap tes berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79.33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65.50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44.83). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan berfikir Kritis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ekositem; Berfikir Kritis; Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 05:30
Last Modified: 24 Jan 2018 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28396

Actions (login required)

View Item
View Item