PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Hasnimar, (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-854-081188810014 akata pengantar.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-854-081188810014 abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-854-081188810014 bab I.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-854-081188810014 bab V.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Menulis antara kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write dan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (2) Perbedaan basil belajar Menulis antara kelompok siswa yang memiliki Motivasi Belajar Tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write dan kelompok siswa yang memiliki Motivasi Belajar Tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (3) Perbedaan hasil belajar Menulis antara kelompok siswa yang memiliki Motivasi Belajar Rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write dan kelompok siswa yang memiliki Motivasi Belajar Rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (4) interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Menulis.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ittihadiyah pada Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010. Sampel penelitian menggunakan sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 31 orang dan kelas VIII yang berjumlah 32 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes uraian dan angket motivasi belajar. Analisis data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis varians dua arah dan uji Scheffe.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (I) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional; (4) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEviyanti, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorAnsari, KhairilUNSPECIFIED
Call Number: 499. 221 Has p
Keywords: Motivasi belajar; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item