MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Elissa, Rizki Aulia (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 101879 Tanjung Morawa, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan sasaran utama untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri No. 101879 Tanjung Morawa. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran matematika di kelas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan jaring-jaring bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan tes. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan tes dilaksanakan setelah dilakukan pre test, siklus I dan II. Dari setiap tes yang dilakukan diperoleh nilai siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri No. 101879 Tanjung Morawa. Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri No. 101879 Tanjung Morawa dapat diterima.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ilmu sosial; Karakter; Warga negara; Era global; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Mathematic realistic education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

View Item View Item