PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2017/2018

Gultom, Frisdo Erikson (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5133321016 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5133321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5133321016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 5133321016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. NIM. 5133321016 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5133321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5133321016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 5133321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 5133321016 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 5133321016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 5133321016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5133321016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TP 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI TP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 12 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran project based learning sedangkan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran ekspositori kemudian diberikan post tes pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data post tes diperoleh hasil belajar teknik pemesinan bubut pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 59,80 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,84. Rata-rata hasil post test untuk kedua kelas belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 75. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa thitung = 1,32 dan ttabel = 1,67 maka thitung < ttabel (1,32 < 1,671). Hasil ini menunjukkan Ha ditolak atau H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa kelas XI TP 3 dan XI TP 2 SMK N 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: SK-2017 MSN 095
Keywords: Model pembelajaran project based learning, ekspositori, hasil belajar teknik pemesinan bubut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28047

Actions (login required)

View Item View Item