PEMBERIAN MOTIVASI GURU PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMAN 1 LINGGA BAYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yusniarti, (2017) PEMBERIAN MOTIVASI GURU PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMAN 1 LINGGA BAYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3132111015 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3132111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3132111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3132111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3132111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3132111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3132111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3132111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3132111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3132111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3132111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian motivasi guru Pkn untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X SMAN 1 lingga bayu tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Lingga Bayu yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 120 siswa. Maka yang menjadi sampel dari penelitian adalah 20% dari jumlah populasi yaitu 24 orang siswa yang dipilih secara acak (random sampling). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan angket. Untuk menguji dan menganalisis data agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka dari itu dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 69,44%, artinya bahwa guru PKn sudah memberikan motivasi belajar dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sudah baik/tinggi.Terlihat dari cara guru mengajar dengan menciptakan suasana belajar yang edukatif sehingga bukan hanya guru saja yang aktif dalam memberikan materi dikelas akan tetapi siswa juga menunjukkan motivasi dan semangat yang baik sehingga guru dan siswa menciptakan interaksi yang aktif dalam belajar. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai, dan mengevaluasi peserta didik serta dapat memberikan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar setiap siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar,, Rosnah195605101980032004
Thesis advisorHadiningrum, Sri196709131993102001
Call Number: SK-2017 PKN 094
Keywords: Pemberian Motivasi,Hasil Belajar,Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2017 11:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27962

Actions (login required)

View Item View Item