PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS

Wahyuni, Ida and Sipapaga, Desri S. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 01 (01). pp. 22-28. ISSN 2461-1247

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih dua kelas dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Inquiry training; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item