PROSES STABILISASI LIMBAH PELABUHAN TERKONTAMINASI LOGAM BERAT DENGAN MENGGUNAKAN AGEN PENGIKAT HIDROLIK

Silitonga, Ernesto Maringan (2017) PROSES STABILISASI LIMBAH PELABUHAN TERKONTAMINASI LOGAM BERAT DENGAN MENGGUNAKAN AGEN PENGIKAT HIDROLIK. In: Seminar Nasional Gempa Sumatera Utara: Resiko dan Antisipasinya, 19 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari direalisasikannya penelitian ini adalah menemukan bidang aplikasi reutulisasi dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan yang terkontaminasi logam berat. Peraturan Eropah mengenai manajemen pekerjaan pengerukan sedimen pelabuhan, dimana pembuangan sedimen hasil pekerjaan pengerukan (terkontaminasi atau tidak) harus terlebih dahulu diteliti dan ditempatkan ditempat penampungan. Jumlah sedimen hasil pengerukan yang harus ditampung meningkat setiap tahunnya, mengakibatkan diperlukannya bidang aplikasi untuk reutulisasi sedimen tersebut dengan memperhatikan peraturan lingkungan. Pada penelitian ini sedimen hasil pekerkaan pengerukan digunakan sebagai material baru dalam pekerjaan pembangunan jalan. Berbagai percobaan direalisasikan untuk mengidentifikasi apakah sedimen tersebut dapat memenuhi persyaratan geoteknik dan lingkungan dalam pekerjaan pembangunan jalan. Sedimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sedimen Pelabuhan Port en Bessin, Perancis. Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi kadar polusi yang terkandung dari bahan penelitian. Tahap berikutnya yang direalisasikan adalah menganalisa reaksi yang dimunculkan dari bahan penelitian apabila sedimen dicampur dengan bahan pengikat umum (semen, kapur). Hasil Leaching test, memperlihatkan beragam tingkat polusi dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan, tingkat kontaminasi pada sedimen memperlihatkan pengaruh negatif pada performa mekanik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Limbah pelabuhan; Semen; Kapur; Leaching test; Logam berat; Karakteristik mekanik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal

T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27658

Actions (login required)

View Item View Item