PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A. 2017/2016

Hulwani, Zetti (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A. 2017/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1133351059 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1133351059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1133351059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1133351059 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1133351059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1133351059 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1133351059 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1133351059 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1133351059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1133351059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1133351059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMPN 6 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah di kelas VIII-G SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 8 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang menjaring data siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah yang sebelumnya diuji coba untuk mengetahui validitas dan relibialitas angket. Angket diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy. Teknik analisis data menggunakan uji t hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa. Terdapat rata-rata pre-test 72 dengan SD 17,82 dan rata-rata post-test 97 dengan SD 12,12. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung > ttabel = (4,19 > 2,36). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: SK-2017 BK 049
Keywords: KECERDASAN EMOSI ; KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item View Item