PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PADA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Tambunan, Faranda (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PADA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133351031_COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133351031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133351031_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133351031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133351031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133351031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133351031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133351031_BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133351031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan yang berjumlah 8 siswa, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket kepercayaan diri dalam bersosialisasi berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Data pre-test kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata 88,625 sedangkan data post-test kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata sebesar 104,125. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Dari analisis data diperoleh Jhitung = 10 dengan  = 0,05, adapun Jtabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10 > 4. Artinya hipotesis diterima. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memberikan kontribusi sebesar 17,48% terhadap peningkatan kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurarjani,, 196105041987032004
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 BK 067
Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK ROLE PLAYING, KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27628

Actions (login required)

View Item View Item