PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NOVIA JALAN PEMBANGUNAN 3 NO. 13 MEDAN HELVETIA

Zulfa, Alfina Rizka (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NOVIA JALAN PEMBANGUNAN 3 NO. 13 MEDAN HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133371007_COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133371007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133371007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133371007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133371007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133371007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133371007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133371007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133371007_BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133371007_BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133371007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa perkembangan motorik halus anak belum berkembang dengan baik dikarenakan kegiatan pembelajaran masih bersifat biasa, kurang bervariasi sehingga anak merasa cepat bosan dan lebih memilih bermain sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Novia Jalan Pembangunan 3 No.13 Medan Helvetia Menurut Sumantri (2005:143) “melipat pada hakekatnya merupakan keterampilan tangan untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu tanpa menggunakan bahan perekat lem serta ketelitian ini membutuhkan keterampilan koordinasi tangan, ketelitian dan kerapian, didalam kegiatan melipat jika disajikan dengan minat anak yang akan memberikan keasikan dan kegembiraan serta kepuasan bagi anak”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest- Postest Control Group Design, dimana populasinya adalah seluruh anak TK Novia Medan Helvetia tahun Ajaran 2016-2017 dengan jumlah 30 orang dan kelas samplenya 15 orang dengan kelas B1 sebagai kelas kontrol, 15 orang dengan kelas B2 sebagai kelas eksperimen, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 3,017 dan pada kelas kontrol 2,633. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesisi diperoleh yaitu 6,736 > 2,145 pada taraf nyata = 0,05. Dengan demikian media origami berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Novia Jalan Pembangunan 3 No. 13 Medan Helvetia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosdiana, 19620310 198703 2 003
Call Number: SK-2017 PLS 075
Keywords: MEDIA ORIGAMI, PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item View Item