PENGARUH TEKNIK EVALUASI DAN KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SMP NEGERI 9 MEDAN

Ramainas, (2007) PENGARUH TEKNIK EVALUASI DAN KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SMP NEGERI 9 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020291 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020291 Abstrak.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020291 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020291 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020291 Bab V.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020291 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematikaantara siswa yang mendapat perlakuan tes Esai dan siswa yang mendapat Tes PilihanGanda, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memilikikecemasan rendah dan yang memiliki kecemasan tinggi, serta mengetahui apakah adainteraksi antara teknik evaluasi dan kecemasan dalam mempengaruhi hasil belajarmatematika.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilaksanakan di SMP NegeriMedan. Populasi penelitian ini berjumlah 200 siswa dan sebagai sample berjumlah 70siswa yang diambil secara cluster random sampling, terdiri dari 35 siswa kelas 8-1 dan 35siswa kelas 8-2. Untuk menguji hipotesis, hasil belajar yang digunakan adalah hasilbelajar matematika siswa yang memiliki kecemasan rendah dan hasil belajar siswa yangmemiliki kecemasan tinggi. Uji Statistik yang digunakan adalah statistic deskriptif untukmenyajikan data dan statistic inferensial digunakan ANAVA 2 jalur. Sebelum ANAVAjalur digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisi data yaitu uji normalitasdengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett.Instrumen untuk kecemasan belajar digunakan angket sejumlah 50 butir, dan untuk hasilbelajar matematika digunakan 2 macam tes yaitu Tes Esai sejumlah 15 soal dan TesPilihan Ganda sejumlah 25 soal. Reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan rumusalpha diperoleh reliabilitas untuk tes Esai 0,717dan reliabilitas Tes Pilihsan Ganda 0,634.Untuk menentukan tingkat kecemasan siswa digunakan angket sebanyak 50 butir denganreliabilitas 0,873 dengan meggunakan rumus alpha.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa siswa yang mendapat perlakuan tes Esaimemiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibanding siswa yang mendapatperlakuan Tes Pilihan Ganda. Hal iniditunjukkan oleh Fhitung= 4,097 > F tabel= 3,99pada taraf signifikan α= 0,05. Siswa yang memiliki kecemasan rendah hasil belajarmatematikanya lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki kecemasan tinggi.Halini ditunjukkan oleh F hitung = 25,20>F tabel=3,99 pada taraf signifikan α = 0,05 dengandk= (1,66) , dan terdapat interaksi antara teknik evaluasi dan kecemasan terhadap hasilbelajar matematika.Hal ini ditunjukkan oleh f hitung=62,33> F tabel= 3,99 pada tarafsignifikan α= 0,05. Dengan uji lanjut menggunakan uji Scheffe dibuktikan bahwa siswayang mendapat perlakuan Tes Esai memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkandengan siswa yang mendapat perlakuan Tes Pilihan Ganda. Sedangkan siswa yangmemiliki kecemasan rendah memperoleh hasil belajar lebih tinggi jika menggunakan TesEsai dibanding siswa dengan menggunakan Tes Pilihan Ganda.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 370.152 3 Ram p
Keywords: Evaluasi; Kecemasan; Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item