PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Hutagaol, Lely Ruth Maruli (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2131111028 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2131111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2131111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2131111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2131111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2131111028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2131111028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2131111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2131111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helvetia.Penelitian ini menggunakan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yaitu model eksperimen semu yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helvetia tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 310 siswa dan yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa, yakni VIII-4 untuk kelas pre-test dan post-test.Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling .Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah test esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 61,29 dan standar deviasi 7,77 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata 78,38 dan standar deviasi 7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikan 5% selanjutnya diperoleh tabel pada taraf signifikan 5% = 2,04 maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media gambar terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa yang diajarkan lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media gambar banjir dapat diterima. Dengan demikian , dapat simpulkan bahwa ada pengaruh media gambar banjir terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helveti Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 19580904198601001
Call Number: SK-2017 IND 153
Keywords: Madia Gambar, Menulis, Teks Persuasif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item View Item