UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISIWA KELAS X SMK N 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Simamora, Enjelina (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISIWA KELAS X SMK N 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 6131111030 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 613111030 TREATY AND RATIFICATION.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6131111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6131111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 6131111030 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 6131111030 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 6131111030 LIST OF GURES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 6131111030 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 6131111030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 6131111030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 6131111030 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui gaya mengajar berbasis masalah pada siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 24 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar berbasis masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bolavoli. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 14 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,3% dan terdapat 10 orang belum tuntas yaitu sebesar 41,7%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dan terdapat 3 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 12,5%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharjo, 196405081992031002
Call Number: SK-2017 PJKR 109
Keywords: PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2017 11:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27355

Actions (login required)

View Item View Item