PERAN GURU UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI EMAS YANG BERKARAKTER

Susanti, (2017) PERAN GURU UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI EMAS YANG BERKARAKTER. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Dalam menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045 atau yang sering disebut dengan generasi emas Indonesia 2045 peran pendidikan menjadi penting. Tahun 2045 merupakan momentum paling penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, dimana pada saat itu Indonesia menduduki usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia dan Indonesia akan diisi oleh generasi yang memiliki usia produktif dalam jumlah yang mayoritas di antara usia penduduk lain di Indonesia. Generasi 2045 merupakan generasi emas yang berkarakter yang mampu membawa Indonesia pada perbaikan kehidupan bangsa menjadi bangsa yang bermartabat, harmonis, dan berkualitas. Untuk membangun generasi emas yang berkarakter diperlukan asuhan, pendidikan, dan latihan yang efektif sejak dini agar kemampuan dan karakter mereka tumbuh dan berkembang secara optimal agar terwujud impian bangsa Indonesia, yaitu munculnya generasi emas yang berkarakter dan mampu memberikan kebaikan dan kebesaran bangsa Indonesia serta melahirkan peserta didik yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 3. Oleh karena itu, pendidikan yang dilaksanakan harus merupakan pendidikan yang berkualitas dari segi kurikulum, pendidik, serta sarana dan prasana yang menunjang dalam pelaksanaan pendidikan. Manajemen tenaga pendidikan yang professional diperlukan juga untuk mewujudkan generasi emas, seorang pendidik dan tenaga kependidikan harus memiliki jiwa profesional yang berkarakter dan inovatif, serta bisa menjadi teladan. Sehingga melalui pendidikan manusia Indonesia masa depan akan menjadi warga negara yang beriman, bertakwa, cerdas, komperatif, kompetitif, sehingga mampu menjadi teladan bagi bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Generasi emas; Pendidik; Karakter; Teladan; Momentum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27312

Actions (login required)

View Item View Item